Wednesday 17 June 2015

Sendal Telapak Bumi


Aku coba jujur aja ya. Aku sadar diri. Aku ga se suci yang kalian pikir, sesekali aku juga bisa berkata kotor saat emosi. Contohnya tadi setelah kejadian dimana sendalku satu-satunya hilang ditelan bumi ntah kemana saat sholat tawareh pertama kali di mesjid dekat kost. Sendalku hilang lagi?????

Jadi ceritanya tadi agak buru-buru mau pergi sholat Isya’ ke mesjid. Gimana nggak, kamar mandi di kost lagi ada yang pake, mana lama pula di dalam tuh, gak tau ngapain aja selain mandi dan cuci-mencuci. Masa’ perlu di tegur pake ‘ehm-ehm’ sampe-sampe tenggorokan ku sakit. Trus sampe aku nyanyiin lagunya Raisa nyaring-nyaring “Apalah arti aku menunggu------“. Barulah akhirnya tu anak keluar dari kamar mandi, barulah aku bisa mandi.

Selesai mandi aku langsung cepat-cepat beres-beres pake baju rapih-rapih ganteng-ganteng mau ke mesjid, sampe akhirnya pas udah sampe pintu mesjid, pas mau lepas sendal, eh lupa kalo pake sendal yang bagus, ntar malah hilang kalo dipake buat tawareh. Tapi dipikir lagi, masa aku ke kost lagi, balik lagi pake motor, sedangkan itu keadaannya udah selesai adzan, yang ada malah ketinggalan sholat nanti. Akhirnya aku putuskan untuk biarin aja pake sendal yang ini, yang bagus ni, moga-moga aja gak hilang. Malah aku taroh di depan pintu coba, ya biar bisa diliat-liat kalo misal terancam dicolong. Kalo boleh masuk ke dalam mesjid, udah aku masukin ke dalam dah tu sendal, aku simpen di belakang pintu mesjid biar VIP ekslusif aman ga ada yang bisa colong.

Mungkin salah ya aku pas sela-sela antara sholat Isya sama tawareh tuh ga noleh-noleh gitu nah ke arah sendalku. Habis terlalu khayal dengerin penceramahnya cerita, ya padahal isi ceramahnya belom yang berisi ilmu-ilmu kaya biasa isi ceramah/khutbah, masih yang ngejelasin keadaan mesjid sama ngumumin kegiatan-kegiatan di mesjid Bani Ismail selama bulan Ramadhan ini, trus ngucapin selamat memasuki bulan puasa, udah gitu aja. Eh tapi ternyata, pas selesai tawareh, aku liat di depan mesjid, tempat sendal-sendal berserakan, aku cari sendalku di tempat dimana aku simpan awalnya, jangan harap ada! KAMFREEET!!!
Hilang lagi sendalku. Apalagi ini sendalku satu-satunya, ya maksudnya satu-satunya yang lumayan layak dibawa jalan. Ada si sendal swallow, tapi kan sendal kaya swallow cocoknya buat di rumah, ya toh dibanding sendal gunungku yang hilang tuh. Aku kira cuman di Ketapang yang banyak pencuri sendal tiap sholat tawareh kaya gini, eh ternyata disini lebih parah, asem! Bukan cuman aku tentunya yang kehilangan sendal waktu itu, banyak aku liat yang keliling-keliling mesjid cari sendalnya, kehilangan, jalan kaki tanpa alas kaki. Aku udah cari sendalku kemana-mana, mungkin ditendang-tendang sama anak kecil yang main di halaman mesjid, ga ada. Aku coba cari bagian jamaan wanita, ga ada juga. Bahkan aku coba keliling ke dekat mereka-mereka yang udah selsai sholat yang lagi ngumpul-ngumpul di dekat mesjid, ya kali ada yang salah pake sendal, malah kepake sendal aku kan? Ya jadi aku ngeliatin kaki orang nunduk kebawah gitu nah keliling mesjid, udah kaya orang apa aja. -_-

Kalian tau apa yang terlintas dipikiran aku saat tau sendalku hilang? Aku langsung berpikir untuk ngambil sendal orang yang tersisa disana. HA-HA-HA-HA. Bodo amat dah! Aku rugi karena sendalku hilang, daripada aku pulang dengan tanpa alas kaki. Ga banyak pilihan sendal yang tersisa disana, aku harus bener-bener pinter milih sendal yang mana yang bakal aku ambil buat gantiin sendal aku yang hilang. Kebanyakan pilihan sendalnya kurang layak dengan sendalku yang hilang, tapi kebetulan ada sendal gunung yang lumayan enak dilihat kalo dipake kayanya, dan sepertinya ga ada yang punya. Dengan tanpa berpikir lama lagi, aku langsung pake itu sendal, ga perduli padahal di depannya ada bapak-bapak yang lagi berdiri disana, ngeliat-ngeliat kebawah juga, ntah mereka sendalnya hilang juga atau cuman lagi ngobrol.


Tapi emang ya, yang namanya rugi mah udah rugi aja, sendal yang aku ambil buat ganti sendalku yang hilang, setelah aku pake, alamak, rasanya ga enak banget. Pertama, kalian tau betapa tipisnya sendal yang aku temuin ni, saking tipisnya, bentuk lekuk bumi pun kerasa kalo nginjek tanah, seolah menyatu dengan bumi, kaya ga make sendal tau ga’, ga kerasa beratnya ni sendal, dibandingan sendalku yang hilang. Awalnya sendal gunung ku yang eiger tuh tebel banget, itu yang asli, beli di eiger. Dulu waktu sholat isya di mesjid kampus, hilang, kejadian sama juga, udah ga ada apa-apa lagi selain yang tersisa sendal gunung ecek-ecek, yang kurang tebel dibanding sendal gunung eigerku itu. Sendal ku tebel coy, enak di pake, pas di kaki ku, eh malah dapet yang ecek-ecek, yang lebih tipis, yang longgar-longgar, kayanya ada yang ketuker sendalnya dengan sendal aku, cuman orangnya ga tau diri, punya sendal jelek kaya gitu tapi ga liat-liat sendal yang dia pake, main comot sendal aja. Aku kira udah parah jelek nya lah ni sendal kan, eh ternyata dengan adanya kejadian tadi, ternyata ada yang lebih jelek lagi sendalnya ketuker dengan punyaku, perasaan dari sendal pertamaku yang eiger sampe sekarang ni prasaan makin tipis aja sendalku. Kamfret emang! Trus yang kedua, udah lah ni sendal kecil, tipis, kotornya pun minta ampun, debunya, uweek, kamfreeet!

Aku agak penasaran sih, gimana sistematika sendal hilang ni. Aku punya beberapa logika sih, apa kaya gini ya, satu orang sendalnya hilang dicuri sama si pencuri sendal, trus karena orang yang kehilangan sendal itu merasa rugi, maka dia juga akhirnya mengambil sendal apa aja yang bisa dia pake buat gantiin sendalnya yang dicuri, walaupun tetap ngerasa gak seneng karna sendalnya yang asli udah dicolong. Trus orang ketiga, yang sendalnya hilang di ambil orang kedua, baru keluar dari mesjid lebih lama dibanding dengan orang kedua, trus mrasa juga sendalnya hilang dan harus ambil sendal orang yang ada disitu yang bisa dipake buat gantiin sendalnya yang hilang, dan begitulah seterusnya. Jadi kemungkinaan aku berada pada posisi orang ketiga, karna aku lumayan agak telat keluarnya, masih baca doa soalnya.

Jadi intinya, harus hati-hati! Dimanapun dan kapanpun! Tips aja ya :
  • Pergi tawareh jangan pake sendal yang mahal atau bagus, pake aja sendal nemu atau gak sendal swallow, yang harganya masih bisa di toleransi dompet kalo hilang.
  • Kalo bisa sebaiknya disimpan di loker sepatu atau sendal, jadi sendal tetap aman. Tapi kalo gak ada loker, temen-temen bisa aja gunain gembok, trus di gembok di pager mesjid atau di simpan di jok motor.
  • Kalo bisa sesegera mungkin keluar dari mesjid, jangan lama-lama, biar ga keduluan sama orang yang sendalnya hilang juga tapi udah keluar mesjid terlebih dahulu.
  • Kalo sendalnya bisa dilipat jadi kecil, bisa juga dimasukin ke saku celana atau baju yang muat.
  • Iket sendal dengan tali, trus bawa talinya ketempat dimana kamu duduk sholat, jadi kalo misal ada yang coba nyolong, bisa ketahuan dengan talinya yang ketarik, trus kita juga bisa lawan dengan tarik talinya.
  • Jalan terakhir, bisa juga ga usah pake sendal, biar aman ga hilang sendalnya. Biasanya sih yang rumahnya di depan mesjid atau di belakang mesjid (gak jauh dari mesjid).

Malam pertama tawareh di mesjid dekat kost ku yang baru nih, sendal hilang, GOOD! Mungkin kebanyakan orang bakal bilang, “yaudah lah Gha, ikhlas in aja, itung-itung sedekah”. Hhhoho asal kalian tau, aku pengen banget ikhlas in itu sendal, tapi PENGEN nya ya. Tapi ya sebenernya mau aku kesel-keselan juga mau gimana lagi, sendalnya udah hilang juga, ujung-ujungnya bakal diikhlasin juga secara gak sadar. Tapi sebelum akhirnya aku mengikhlaskannya, boleh gak aku berkata-kata terlebih dahulu untuk orang yang mencuri sendalku.

ASSH*LE!! S*N OF A B*TCH!! MOTH*R F*CKER!! GO TO HE*L YOU STUPID THIEF!!

(Tarik nafas dalam)


Bulan puasa ya? Yaudah ikhlasin aja hehe J

0 comments:

Post a Comment