Sunday 28 June 2015

Be Patient!

Ada sebuah cerita. Si A ngerasa perasaannya ga enak. Gelisah. Pengen teriak rasanya. Si A ngerasa kalo rasa cemburu bikin dia gak tenang sendiri. Si A ngeliat HP si B, liat BBM, ada Si B ternyata BBM an sama si C. Si A ngerasa gak seneng dong pastinya. Si A tau kalau dia orangnya mudah cemburu. Si A coba tahan emosinya, karna ga seharusnya Si A marah atau ngambek atau cepat ambil tindakan tanpa mikir dan liat dulu keadaannya kaya gimana. Si A tetap redam kesel nya, Si A lanjut baca isi bbm nya. 

Si B sama si C BBM an. Mulainya sih karna si C yang BBM duluan nanyain kabar, dan si B ngerespon dengan jawab apa adanya. BBM nya berlanjut, sampe akhirnya ternyata tau kalau si B pulang ke daerah asalnya (Palembang) lebaran ini, sedangkan si C ternyata nggak pulang, karena setelah lebaran, beberapa bulannya si C bakal balik lagi ke Bandung untuk nyelesain kuliah S2-nya dan gak lama lagi bakal wisuda lagi, jadi si C pikir lebih baik si C lebaran di Bandung aja, sambil menghemat uang orang tua juga. Mereka juga ngobrol soal Si B yang lagi tugas kuliah praktek di sebuah desa di daerah Cibinong, Jawa Barat. 

Desa tempat si B tugas kuliah praktek tersebut lumayan jauh dan berada agak pelosok dekat dengan perbatasan. Si B agak mengeluh dengan keadaan desa tempat dia tugas kuliah praktek, dengan kebiasaan si B yang tidak terbiasa dengan tempat seperti itu tentunya. Tapi si C coba buat ngehibur si B, si C bilang kalau mungkin si B bisa sambil jalan-jalan di sekitar daerah sana, sambil menikmati alam mungkin. Dan seterusnya BBM si B dan C pun berlanjut. 

Sempat si B mengucapkan selamat kepada si C, karena studinya sudah hampir selesai. Si B sempat bertanya ke si C apakah sudah ada pembukaan pekerjaan di daerah mereka di Palembang. Ya, tentu saja si B dan si C adalah dari daerah asal yang sama, Palembang. Si C menjawab kalau pembukaan pekerjaan di daerah mereka belum ada, menurut Ayah si C yang kebetulan tau tentang hal itu, pembukaan pekerjaan masih sekitar beberapa bulan yang akan datang, dan si C minta doain sama si B mudah-mudahan cepat dapet kerja di Palembang. Tentu saja si B mendoakan yang terbaik untuk si C, Si B mendoakan semoga si C cepat mendapatkan pekerjaan setelah wisuda nanti, dan tak lupa, si B juga sekalian minta ke si C untuk mendoakan si B agar tahun depan si B sudah bisa menyusun skripsinya, dan cepat wisuda. Dan si C juga mengaminkan doa tersebut, pesan si C untuk si B, semoga tahun depan si B udah bisa nyusun skripsinya, sukses kuliahnya dan si C sambil bercanda bilang, “jangan banyak pacaran” ke si B. Begitulah seterusnya BBM antara B dan C yang berlangsung sekitar jam setengah sepuluh malam hingga jam sepuluh lewat pada hari Jumat itu 26 Juni 2015.

Kembali lagi ke si A, dia agak terpukul melihat isi BBM tersebut. Tapi si A coba untuk tidak memperlihatkan kekesalannya. Keadaannya saat itu si A sedang merasa sangat teramat rindu dengan si B yang baru pulang dari Cibinong. 1 minggu tidak bertemu. Si A merasa jika si A melihatkan kekesalannya yang melihat isi BBM tersebut, suasana mungkin akan rusak, suasana yang seharusnya si A bisa melihat si B untuk meluapkan rasa rindunya mungkin akan menjadi tidak seperti yang si A harapkan jika si A merusak suasa saat itu dengan kekesalannya. Jadi si A mencoba menahannya. 

Selama ini si A sangat terbuka dengan si B, disaat si A merasakan hal yang kurang enak dalam hubungannya dengan si B, si A langsung mengutarakan perasaannya, apa yang dia rasakan. Kali ini si A merasa sebaiknya tidak mengungkapkannya, si A merasa sebaiknya dia harus merasakannya sendiri saja, si A tidak ingin merusak suasana saat itu. Si B yang keadaannya saat itu sedang kelelahan, baru pulang dari tempat yang lumayan jauh hanya dengan sepeda motor berdua dengan temennya dan membawa barang bawaan yang lumayan banyak. Si A gak tega bikin keadaan makin ga enak untuk si B. Memang mungkin terkadang si A harus coba ngerasain kesel itu sendiri aja. Mungkin ada beberapa hal yang seharusnya diungkap, dan ada juga beberapa hal yang lebih baik jika tidak. 

Sekilas saat itu si A merasa benar untuk tidak memperlihatkan kekesalannya, perasaannya. Perlahan-lahan saat bicara dengan si B, ngobrol, melepas rindu, cerita tentang kegiatan masing-masing, becanda, semua perasaan kesel itu hilang dengan seketika, lupa, yang ada hanya perasaan seneng bisa bertemu lagi. Namun saat si A sudah tak di dekat si B lagi, perasaan kesal itu datang lagi. Si A merasa gelisah, kesal, pengen teriak. 

Yang si A sesali adalah, kenapa pada saat itu si A tidak bisa lebih leluasa untuk ngehubungin si B, BBM si B, tanya keadaannya, cerita-cerita. Bisa saja si A seperti itu, tapi si A berpikir, si B pergi kesana untuk menuntut ilmu kan? Si B punya kesibukan sendiri disana, si B punya tugas yang harus dia lakukan, si B harus fokus dan tidak terbebani dengan si A yang ditinggalnya. Tentu saja si A gak mau nge-ganggu si B, si A mencoba untuk ngertiin si B, karena ga enak ngerasa kaya gitu. Si A ga mau si B ngerasa kalo si A mikir si B tega sama si A ninggalin si A di Bandung. Si A ga pengen ngebebanin pikiran si B kaya gitu, karena si A tau itu gak enak, dan si A pernah ngerasain, pertama ga fokus, terus menghawatirkan orang yang kita tinggal, terus kinerja kita jadi ga bagus akhirnya. Si A ga pengen si B ngerasa kaya gitu. Itu yang si A pikirkan, si A mencoba untuk tetap nunjukin ke si B kalo si A menghargai kegiatan si B apa pun itu yang terbaik untuk si B, apalagi itu kegiatannya Tugas Kuliah Praktek kaya yang dilakuin si B. 

Kenyataannya si A malah mendapatkan keadaan yang seperti ini. si A harus dapat keadaan kalo si B dan si C BBM an. Dan parahnya lagi, BBM an antara si B dan C dalam satu waktu yang waktunya sangat dekat. Balasannya lumayan lebih cepat. Hanya beda beberapa menit untuk mereka saling membalas pesan BBM. Berarti apa? Pada saat itu sinyalnya lagi bagus kan? sinyalnya lagi lancar? Lalu coba dibandingkan dengan BBM an antara si A dengan si B pada saat itu juga antara setengah sepuluh malam sampai jam sepuluh lewat itu, jarak untuk saling balas BBM nya benar-benar bisa dibilang lebih jauh dibanding jarak saling balas BBM antara si B dan si C. 

Betapa setengah mati untuk si A BBM si B. Pesan BBM yang dikirim si A untuk si B selalu pending! Butuh waktu yang lumayan lama untuk kemudian pesan BBM itu terkirim (delivered). Bahkan disaat tanda pesan BBM telah terkirim yang tunjukkan dengan tanda “D”, kadang pesan tersebut ternyata belum masuk ke inbox BBM si B. Tapi si A selalu coba untuk sabar! Mungkin emosi dengan sinyal yang kaya gitu, tapi si A ga mau sampe antara dia dengan si B salah paham dan saling nyalahin, saling bilang kalau ga ada waktu buat BBM an, terlalu khayal, terlalu sibuk, atau apalah itu yang buat hubungan mereka salah paham. Si A coba sabar, lagi pula si A berpikir kalau si B kesana menuntut ilmu, tugas kampus, si A berpikir tidak seharusnya si A merasa ditinggal oleh si B. Maka dari itu si A mencoba untuk menjaga emosinya, bersabar!.

Namun apa daya, si A malah mendapat keadaan seperti ini, itu kah hasil dari kesabaran si A menunggu? Hanya untuk mendapati kalau si B di BBM sama si C? Hanya untuk disalahkan karna hilang / sibuk ga ada kabarnya ga ada balas pesan padahal karna sinyal yang jelek? Betapa si A ingin meledak saat itu. Rasanya si A ingin teriak.

Tapi itulah yang harus si A hadapi, yaitu tetap sabar, tetap meredamkan emosi dan kekesalannya terhadap keadaan yang datang padanya. Mungkin si A layak untuk meledak, untuk meluapkan emosinya, tapi apakah itu yang terbaik dengan keadaan perasaannya saat itu yang begitu rindu dengan si B? 

Yang ada dipikiran si A adalah, dia berharap dan selalu berharap si B tetap berada di “samping” nya. Si A berharap si B tau betapa si A menyayanginya setulus hati, tidak ingin si B menjauh darinya. Dan si A akan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik, untuk dirinya, untuk orang-orang, untuk si B, dan untuk orang-orang yang berada disekitar yang membutuhkan si A.

Patient is the hardest thing “you can” do!


(NegeriAntahBerantah)

0 comments:

Post a Comment