Sunday 3 May 2015

Cari Dana Ngamen di Alkid Pertama Kali

2 Mei 2015, malam minggu, dana usaha pertama dari panitia Games untuk mengumpulkan dana memeriahkan acara Milad FKM 2015 dimulai. Ngamen dan jualan bunga di alun-alun kidul. Ekspektasi sebelumnya tentang kegiatan dana usaha ini ni mikirnya bakal yang banyak dapet duit dari hasil ngamen, ngamen sini, ngamen sana, trus dapet duit, 100.000~ giliran realita nya, masyaAllah, hahha, ga semudah yang dibayangkan, lebih keras. (Ngamen gak mudah coy!)

Setelah kuliah masing-masing berakhir, udah bagi tugas nih ada yang beli bunga dan ada yang siap-siap di kampus. Yang awalnya janjian sebelum magrib, maghrib an di kampus, eh emang lah, datengnya malah setelah maghrib semua. Hahhaha.

Nah untuk yang beli bunga, kita pake modal dari masing-masing dari kita yang iuran 10.000, jadi bisa jadi modal buat usaha kita, beli bunga salah 1 nya. Kita masih belom berani ambil banyak bunganya, jadi untuk di awal, kita bawa 10 bunga aja dulu untuk dijual, masih malam pertama kok, itung-itung buat survey dulu, hehhee.

Nah buat temen kita si Wilda sama Widya, mereka yang beliin bunga nya, yang awalnya ditanyain harganya 5000/tangkai, di tawar malah jadi 3.500/tangkai.

Wilda Widya : pak, mawarnya berapaan?
Bapak bunga : 5000 mbak.
Double W : nggak lebih murah pak?
BB: Mbak nya mau nawar berapa?
Double W : 3000 aja pak ya?
BB : 4000/tangkai deh mbak
Double W : 3000 lah pak.
BB : yaudah 3500/tangkai mau mbak?
Double W : oke pak, boleh.

Keren kan Double W, beli bunga 10 tangkai jadinya cuman 35000. Mungkin karna cewe yang nawar kali ya, jadi enteng aja gitu bapak bunganya ngasih murah, tapi emang katanya 3000/tangkai kok sebenernya, ah ga tau juga lah, apa mungkin juga karna bapaknya takut sama perawakan Wilda sama Widya yang kaya preman malak, apalagi badan Wilda gede noh kan? At last, keren dah yang beli bunga! :D

Nah bunga beres tuh, kalo masalah ngamen, alat music sih kita cuman bawa gitar. Itu gitarnya Farhan, baru coy, baru beli sabtu sore nya, bau bau barang barunya aja masih ada hahhha. Mau bawa cajon kita ga berani sih, musim hujan kan, takutnya ntar ribet bawanya malah kehujanan basah cajonnya, sayang eh.

Udah kumpul di kampus habis maghrib tuh, yang dating sekitar 11 orang an lah dari 15 orang panitia Games. Aku, Farhan, Beni, Fredy, Wilda, Widya, Inggrid, Dian, Tata, Deby, Rifqo. Si Asri ga bisa ikut, dia ketinggalan info, jadi ga siap, si Ika mendadak ga bisa ikut, karna ada keluarganya yang dateng. Yang lain ga ada kabarnya sih. Tapi gapapa, lumayan rame kok, yang penting yang ada ini semangat aja kan!

Beranjak dari kampus sekitar jam 7 kurang 20 menit, sampe di Alkid jam 7 an lah, trus briefing dulu di depan parkiran bayangkan hahahha. Pembagian kelompok bentar, siapa yang keliling jualan bunga, siapa yang ngamen. Yg ngamen aku, Farhan, Tommy, Dian, Tata, yang laen pada keliling jualan bunga.

Sampailah pada target pertama kami ngamen, seorang mas mas dan mba mba,

“Permisi mas nya, mba nya, kita numpang menghibur sebentar ya, boleh mas mba?”

Tinggal liat mas atau mba nya ngangguk, langsung mainkan musiknyaaaaaa.

Lagu pertama lagu Lapang Dada dari Sheila On 7, ngambil nada awalnya aku agak kemana-mana hehhe soalnya bawaan nervous, soalnya PERTAMA KALI NGAMEN COY SEUMUR HIDUP, walaupun udah punya jam terbang nampil akustik atau band di acara-acara, tapi gugup juga rasanya ngamen nih. Nada udah oke udah nyatu dengan music, eh malah ekspresi lagi yang kurang, cuman muka biasa datar aja, sama gerak-gerak kaki doang, kedua tangan saling genggam, udah gitu aja sambal nyanyi.

Beni : “Gha, nyanyi nya kurang ekspresif tadi aku ngeliatnya, masa cuman nyanyi muka datar biasa gitu aja, ga kaya biasanya kamu nyanyi di acara kaya kemaren opening ceremony yg ekspresif.”

Oke Beni trimakasih masukannya hahha, bener juga sih beni ngomong, ya aku juga ngerasain sih hahha.

Akhirnya dengan eksrpesi yang seadanya itu ya Alhamdulillah kita dapat uang pertama hasil ngamen hehhe. Trus lanjut lagi ke target-target selanjutnya, Alhamdulillah lancer-lancar aja dengan banyaknya ditemui kekurangan kita seiring berjalannya ngamen hehhe. Kaya misalkan, blank ga hapal lirik lagu, padahal lagunya udah biasa kita nyanyiin di kontrakan Farhan. O iya, trus juga, kita tadi ga nyiapin tempat atau wadah buat nyimpen uangnya, ntah itu kantong plastic bekas permen itu kan, di balik biar ga kelihatan merk nya, atau gak toples kek atau apa gitu. Alhasil kita malah dapet KOTAK yang gak gede-gede amat tapi cukup terlalu gede untuk minta uang ngamen hahha tau kan kotak minuman-minuman kaya ale-ale atau okky jelly yang pendek tapi lebar kesamping tu nah, hahhaha. Apa daya lah~

Trus lanjut ke target-target ngamen selanjutnya, dari orang-orang yang duduk-duduk di rumput alkid, sampe ke yang duduk-duduk lagi makan di tempat makan alkid, kita datengin, kita nyanyiin. Lancer-lancar aja awalnya bagi aku, malah aku yang ngerasa, “Weh, seru juga ternyata ya, lancer-lancar aja gitu nah, sesuai dengan apa yang aku bayangkan kok, jadi ga kaget-kaget banget”. Lagu Lapang Dada (SheilaOn7), Menghapus Jejakmu (Peterpan), itu aja yang di ulang karna bingung mau lagu apa yang cocok dan asik gitu.

Nah! Sampe pada akhirnya, terlihatlah gimana kerasnya kehidupan ngamen. Jadi gini, temen-temen yang lain kan jualan bunga, kebetulan kita dateng di deket mereka lagi jualan bunga, ada Widya sama Dian kalau gak salah tuh, bunga mereka dibeli sama mas dan mba lagi makan disitu. Nah trus dengan maksud baik kita ya, kita mau berterimakasih dengan mas dan mba nya karna mau beli bunga dari kami, jadi mau mainin sebuah lagu gitu (niatannya mau bawain lagu Just The Way You Are nya Bruno Mars), ya maksudnya biar lebih romantic gitu kan, BONUS, sebagai rasa terimakasih,

Righa : “Mas mba, terimakasih ya udah beli bunga dari temen kami, sebagai tanda terimakasihnya, kami mau bawain sebuah lagu untuk mas sama mba nya ya.”

Mas nya : “Ga usah mas, ga perlu” *nyodorin tangan agar ga usah di nyanyiin*

Alamak, rasanya langsung yang jleb, MasyaAllah, sakit ya ternyata. Kaya gini banget ngamen. Hahhah. Mulai dari itu tuh rasa percaya diri berkurang rasanya hahaha.

Trus ada juga waktu kita ngamen, nyanyiin lagu Menghapus Jejakmu dari Peterpan, ke mba sama mas lagi ngumpul gitu kan, kayanya sahabat an gitu lah, 1 mas, 2 mba, trus kita nyanyi tuh, disitu kan yang nyanyi aku sendiri kan, jadi pas udah masuk bagian reff kedua, mas sama mba nya ketawa-ketawa, ya aku sih ga mikir apa-apa, yang penting ngibur aja lah, bodo amat gitu kan. Eh ga tau nya mas nya tiba-tiba nyuruh berhenti, nyodorin tangan gitu lah, ya aku berhenti nyanyi lah kan. Bingung juga, emang kenapa gitu kan. Trus mas nya bilang, “udah mas, udah nangis” sambal senyum-senyum trus nunjuk ke mba satunya yang nunduk gitu aja. Aku kaget lah, “Hah, kok nangis?? Sejelek itu kah suara ku sampe mba nya nangis?? *sambil megang dada, kaget)” Ya aku ga mikir mba nya nangis terharu karna denger suara aku, soalnya saat itu aku nyanyinya ga sesuai ekspresi lagu kok, biasa aja pecicilan gitu lah (tapi nadanya tetep pas dong hehhe), makanya aku ngira mba nya nangis gara-gara ga tahan dengan suara aku. DAN TERNYATA~ mas nya bilang, mba nya nangis dengar lagu ini karna teringat akan masa lalunya dengan sang mantan~ ALHAMDULILLAH~ spontan aku nyebut bisik-bisik, berarti bukan karna mba nya ga tahan sama suara aku jelek lah hahahah. Aneh ya bisa nangis gitu, dalem banget berarti luka nya tuh mba-mba, hehe yg tabah ya mba~

Ada juga pas ngamen, ketemu target ngamen anak-anak kuliahan rame gitu lah,

Mba nya : “Dari mana mas?”
Aku : dari FKM mba.
Mba nya : UGM ya?
Aku : bukan mba, UAD.
Mba nya : apaan tuh mas?
Aku : (dalam hati, MasyaAllah tega banget nanya kaya gitu, emang se-enggak terkenal itu kah UAD hahahh) Universitas Ahmad Dahlan mba hehhe.
Mba nya : ooh..iya iya…

Kalau aku liat sih kayanya mereka bukan dari Jogja, kayanya mereka dari luar Jogja, lagi liburan atau semacamnya mungkin. Makanya ga tau UAD, masalah tingga di Jogja ga tau UAD, miris banget dengernya hahha.
Trus kita nyanyiin lagu, ya sampe selesai, di kasih uang, Alhamdulillah, kita bilang makasih ke mba mba mas nya.

Ada juga pas jalan gitu kan nyari target ngamen, eh ketemu temen-temen dari Ketapang (daerah asalku). Ada Anggit, Kak Virda, Kak Putri, Kak Cintya. Begalor lah orang Ketapang ni kalau dah ketemu. Hehehhe
Ya kita nyanyiin sebuah lagu, rame-rame tuh kita semua yang Panitia Games kebetulan ngumpul karna jualan bunga udah laris semua Alhamdulillah. Nyanyi lah bareng di depan mereka-mereka temenku dari Ketapang tuh. Sebenernya agak gimana sih aku waktu itu, soalnya ya aku tau lah Anggit tu jago banget soal-soal nampil music gini, Anggit kan ada Studio Musik di Ketapang, urusan music mah dia udah makanan sehari-hari. Jadi agak minder gimana gitu rasanya. Tapi bodo ah, yang penting bareng-bareng mereka, seneng-seneng, nyanyi, walaupun aku jadi terlihat ga jelas gitu jadinya hahhah.

Keliling lagi liat-liat mana yang mau di jadiin target ngamen, pada bingung juga mau nyanyiin lagu apa bareng-bareng rame-rame gini biar semuanya bisa nyanyi, hafal, dan seru-seruan gitu nah. Jadi kita tuh, bentar nyanyi ke satu target ngamen, trus berhenti, ngumpul dulu, ntah itu ngobrol in apa lah, briefing lah, trus datengin orang lagi, ngamen lagi, trus briefing lagi, gitu trus~ yaelah~ hahhaha ya mungkin karna ga ada pengalaman kali ya, semuanya pada pertama kalinya ini mereka ngamen, aku juga lah. Jadi masih malu-malu, masih takut-takut dicaci orang, takut gangguin orang, ya gitu lah. Tapi kalau ga gitu ga bakal jalan ngamennya hahhaa. Gapapa, baru malam pertama kok ngamen sama jualan bunganya, masih ada malam-malam lain hehhe.

Lalu, target ngamen kami yang terakhir adalah AMIR dan ALAY. 2 orang cewe ini ni temen kost nya Wilda. Nah jadi dari awal emang udah janjian mau ketemuan dengan Wilda di alkid, mau beli bunga, karna tau Wilda mau jualan bunga kan. Tapi bunga nya udah habis semua. Jadi kita nyanyiin lagu aja, request malah mereka, si ALAY tu terutama request lagu SheilaOn7 semua hahhaha ya lagian udah mau pulang juga, jadi kita seneng-seneng an aja nyanyi-nyanyi bareng semuanya, lagu SheilaOn7 di borong dah. Trus setelah itu Amir sama Alay kita palakkin uang. Hehhe.

Setelah itu kita putuskan untuk akhiri acara malam ini hhehhe. Pergi dari alkid, kita ke Cangkir. Nongkrong dulu lah, soalnya ada yang belom makan juga yang cewe, sekalian ngitung hasil ngamen sama jual bunga malam itu, hehehe. Alhamdulillah, jualan bunga dapet 110.000, ngamen dapet 40.500. Lumayan kan? Itu juga padahal ngamen masih yang banyak berhenti ngobrol, dan dilewat-lewatin orang-orangnya, ga semua disisir rapi di jadiin target ngamen, pokonya Alhamdulillah~

Asli, ngamen malam ini bener-bener ngasih banyak pengalaman, dari cara ngamen, gimana ngedepin orang-orang yang dijadiin target ngamen, gimana aksi dari usaha buat ngumpulin dana gitu nah, kekompakan juga, keren pokonya!

Semoga dana buat acara kita cepat terkumpul ya, lancar-lancar aja, ga ada halangan yang sulit untuk dihadapi bersama. Ga tau kenapa asik banget sama tim kepanitiaan yang ini, orang-orangnya jempol, enak diajak kerjasama. Tetap semangat guys! Kita sukseskan acara Milad FKM UAD 2015 ya!

PANITIA GAMES, YAK!
MILAD FKM 2015, SUKSES!
PUBLIC HEALTH SEMANGAT, MASYARAKAT SEHAT!


-R

0 comments:

Post a Comment