Saturday 19 April 2014

Warna Perkuliahan

Aku rasa sekarang aku tiba di saat dimana aku merasa lelah dengan semua tugas kampus yang ada saat ini, yang begitu banyak dan gak ada habisnya. Padahal aku udah gunaik istilahnya metode agar bisa me-manage waktu buat nuntasin tugas-tugas yang ada, tapi masih ada aja tugas-tugas yang menuntut untuk di kerjakan, tiap minggu, apalagi kalau ada tugas yang ngerjainnya gak bisa cuman ngadalin internet atau buku, tapi harus ngandalin waktu yang kita luangkan dan tenaga kita juga buat nemuin bahan-bahan tugasnya. Dengan jadwal kuliahku yang padat di selasa, rabu, kamis??

Rasanya pengen aja keluar dari lelah karena tugas-tugas ini. Lalu kemudian aku coba buat keluar dari rasa lelahku itu sejenak, aku dan pikiranku melayang, mengkhayal, dan mungkin ingin mencapai sesuatu yang tak nyata. Jadi aku berpikir, bagaimana kalau aku akhiri? atau mungkin ada cara dengan jalan pintas sehingga gak bakal terlalu berat jalaninnya? satu persatu khayalan muncul. Banyak yang aneh, gak nyata, dan gak mungkin, namanya juga khayalan. sampai pada akhirnya semua immajinasi yang agak gila itu muncul pada aku membayangkan tugas-tugas yang ada dengan rantai makanan. Tau rantai makanan, kan? Rantai makanan kan saling berhubungan, saling membutuhkan, saling mempengaruhi. Nah, apabila kita memutuskan atau mematikan salah satu dari antara komponen rantai makanan tersebut, entah itu produsennya ataupun konsumennya, pasti rantai makanan tersebut bakal rusak. Dalam artian sistemnya terganggu, udah gak seimbang lagi, dan itu bakal berpengaruh ke rantai makanan tersebut serta komponen di dalamnya. Bisa saja terjadi kepunahan pada salah satu komponennya, atau bahkan lingkungan sekitarnya yang bakal gak seimbang. Yang jelas udah gak stabil dan gak sebagai mana mestinya lah.

Kalau masalah keluhanku dengan tugas-tugas ini ibaratkan kasus di rantai makanan tersebut, berarti mungkin yang harus aku lakukan agar tugas-tugas ini berakhir dan gak terus-menerus berlanjut muncul di tiap minggunya adalah dengan dengan memutuskan atau mematikan salah satu dari antara komponen rantai makanan jika itu dalam kasus rantai makanan. Terus kalau masalah tugas ini, 'siapa' dong yang harus aku matiin agar tugas-tugas yang selalu datang tiap minggu ini berakhir?? Kalau emang iya, pasti sistem edukasi dan pendidikan bakal lumpuh, kampus bakal runtuh, dan mahasiswa-mahasiswa malas pun pasti merajalela.

Untungnya itu cuman khayalan yang lewat, yang lewat untuk memberitahuku sesuatu. Aku tau pikiranku ini gak benar. Gak seharusnya keluhanku membuatku menyerah dan berpikir pendek. Buat apa aku memikirkan begitu banyak hal yang tidak nyata dan terlalu rumit untuk dilakukan dengan maksud agak bisa menghindari masalah tersebut sedangkan sebenarnya aku lebih baik dan lebih mudah bila berusaha untuk menghadapinya. Semuanya udah di atur sama Tuhan, udah klop banget, udah sesuai banget di jalannya masing-masing, buat apa kita repot-repot merubahnya yang malah hanya akan membuang lebih banyak waktu kita dan menambah masalah lain dengan lebih membebani pikiran kita. Intinya jalanin apa yang kita hadapin sekarang, karena pada akhirnya kita juga bakal ngerasain hal baik apa yang kita dapetin nanti dari apa yang kita hadapin sekarang ini.

Mari menjadi Mahasiswa yg menjalani masa perkuliahannya dengan macam-macam warna, baik itu warna yang gelap maupun warna yang terang.

#Mhehe

0 comments:

Post a Comment