Saturday 25 January 2014

Jangan ada bencana di antara kita

Udah tau kan, tadi siang sekitar jam 12 siang pada heboh karena ada gempa di daerah Jawa. Gempa yang berkekuatan 6.4 SR itu berpusat di sebelah tenggara daerah cilacap. Banyak banget yang kena getarannya, mulai dari daerah Jogja, Trenggalek, Malang, ini berdasarkan temen-temenku yang aku tanyain, dan mereka bilang di daerah mereka ngerasain, malahan kuat katanya getarannya.

Source : @InfoGempaa

Jujur nih ya, aku gak tau apa-apa, aku gak tau apa-apa tentang heboh-hebohnya gempa yang tadi terjadi. Aku bahkan gak ngerasain getaran dari gempa itu sendiri. Jadi semua yang aku dapat ini infonya karena aku bertanya dan mencari-cari informasi aja, sedangkan aku sendiri gak ngerasain. Aku tinggal di Jogja, iya, sama kaya temenku yang lain yang ngerasain ada gempa yang tinggalnya di daerah Jogja, tapi aku bener-bener gak ngerasain kalau tadi ada gempa.

Aku juga bingung sih, udah hampir 1 tahun aku di Jogja, ada 3 kali kejadian gempa kaya gini yang aku gak tau kalau lagi ada gempa dan lagi pada heboh gempa.

Pertama, waktu itu aku baru menginjakkan kaki ke Jogja, karna aku datang dari Ketapang (Kalimantan Barat) untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Jogja. Pertama datang ke Jogja, aku langsung dapat tempat tinggal (kost) yang udah dicariin sama kakaku (sepupu tepatnya) sebelumnya, jadi gak repot lagi bingung harus tinggal dimana saat pertama datang ke Jogja. Nah, beberapa hari setelah kedatanganku itu, mungkin sekitar 4 hari-an, waktu itu malam hari, aku lagi dengerin lagu di laptop dengan headset ku, dengan volume yang gede, sambil tidur-tiduran. Bapakku udah tidur, jam menunjukkan sekitar jam 12 tengah malam. Tentu saja banyak keheningan yang ada malam itu, tapi beda situasinya karna aku lagi dengerin lagu dengan nyaring di telingaku pake headset sambil menikmatinya, jadi keheningan gak ada pada diriku malam itu. Lalu sambil asiknya dengerin lagu, aku scrolling TL Twitter, dan ketemu beberapa tweet yang heboh dengan soal gempa yang ada di Jogja, dan beberapa lama kemudian hal itu makin heboh. Tentu aku terheran-heran, yang bener aja, aku aja gak ngerasain, masa' iya ada gempa di Jogja, aku lagi di Jogja lo padahal. Walau seburuk apapun aku memungkirinya, gempa ini bener-bener terjadi. Bahkan aku liat di BBM juga banyak banget yang bahas gempa di Jogja. Besok paginya juga aku ditanyain sama tetanggaku, ngerasain gempa apa nggak, tentu aku jawab 'nggak', dan tetanggaku terheran-heran sendiri seolah 'gimana bisa ni anak gak ngerasain gempa yang bikin orang-orang lumayan panik dan banyak yang keluar kamar kost'. Mereka bilang getarannya bikin lampu kamarnya goyang lah, gampar di dingding goyang lah, dan mereka bilang getarannya lumayan, tapi tetep aja aku ingat sekeras apapun gak ada ngerasain getaran dari gempanya.

Aku pikir, parah banget aku sampe gak ngerasain? Apa karna aku dengerin musik keras-keras sampe gak berasa gempanya gitu, ngaruh apa? Tapi setelah aku pikir-pikir lagi, kayanya masalahnya bukan di aku deh, bapakku aja malam itu gak tau juga dan gak ngerasain juga kalau ada gempa, ya mungkin karna dia udah tidur duluan ya? Aah gak tau lah -_- Tapi aku curiga sama ruangannya, ruang kamar kost ku, kayanya emang susah ngerasain getaran gempa mungkin ya? Eh, tapi tetangga sebelahku ruangannya sama kok kayanya, dia aja ngerasain getaran gempanya..Aah gak tau lah x_x

Kedua, aku kurang ingat kejadian yang ini, karna aku merasa udah pernah kejadian 'gak ngerasain gempa dan orang lain ngerasain', jadi aku gak terlalu mengingat bagian yang ini. Yang jelas waktu itu ada gempa di Jogja, itu aku taunya ada gempa dan lagi pada heboh gempa dari BBM. PM mereka yang tentang gempa dan lain-lainnya yang berhubungan dengan gempa dan paniknya. Serius aku gak ngerasain juga gempa kali itu. Aku lagi khayal mantengin layar datarku.

Ketiga, nah ini kejadiannya yang tadi siang, jam 12 siang sekitaran, lumayan kuat 6.5 SR, di daerah tenggara cilacap (pusatnya). Waktu itu aku emang ada janji sama temenku mau pergi, jadi sekitaran jam segitu aku baru mandi, (karena baru bangun tidur juga sih, hehe). Setelah mandi, aku liat lagi handphone, niatnya tuh mau liat ada sms atau BBM dari temenku apa nggak, siapa tau ada perlu atau gimana gitu kan, nah terus liat di RU BBM, ada yang bilang "Gempa di Jogja", "Gempanya kuat banget *crying*", dan lain-lain. Lagi-lagi, aku terheran-heran, gempa lagi? walah, kok aku bisa gak ngerasain dan gak tau tadi ada gempa? x_x

Aku inget-inget lagi, mungkin gempanya waktu aku lagi mandi di kamar mandi, jadi agak gak berasa karena aku khayal mandi dan gak kepikiran sampe kesana kalaupun ada getaran atau apalah. Walaupun waktu mandi aku sempet dengar ada suara berisik gitu. Sempet kaget sih, kirain apaan, mungkin hujan yg deres kali', soalnya waktu itu sering turun hujan. Tp ternyata setelah aku selesai mandi dan keluar dari kamar mandi emang belum ada hujan, cuman mendung doang. Dan aku sadar ada gempa ya karna liat RU di BBM. Terus dengan rasa yang masih kurang percaya, aku tanyain ke tetanggaku di sebelah, ternyata emang iya ada gempa, dia juga ngerasain, katanya cukup kuat. x_x Oke sekarang aku semakin yakin, maksudnya yakin kalau aku aja yang gak ngerasain dan gak tau apa-apa. x_x

Temen-temenku yang lagi pada mudik, yang di luar Jogja, pada nanyain aku, mungkin karna mereka tau aku yang gak pulang (mudik) di antara kami dan tetap stay di Jogja. Pada nanya, "Gempa ya gha di Jogja?" pokonya kaya gitu lah. Dan sedihnya aku harus ngasih tau satu persatu kalau aku gak tau apa-apa tentang adanya gempa. Bahkan keluargaku pun pada nanyain, pada nelpon, ya mungkin karena mereka khawatir dengan anak laki-laki paling ganteng di keluarga mereka ini B-) hehe.

Yang paling bikin aku bingung tuh sama temen aku yg satu ini, si Wilda. BBM aku, nanyain,
Wilda : "Gha, di Jogja gempa ya?"
Aku : "Iya Wil, katanya sih gitu, cuman aku gak ngerasain tadi, aku lagi mandi"
Wilda : "Loh, kok gak ngerasain sih Gha ? Emang air di bak mandi gak goyang-goyang?"
Aku : "Yaelah Wilda, aku kan mandi, iya lah air di bak mandi goyang-goyang, namanya juga mandi -_____-"
Wilda : "Oh iya ya -_-, duh Wilda"

(Gatau tuh sindrom apa kaya gitu, hahhaha)


Waktu itu aku ada janji sama temenku, mau pergi, sebenernya mau hangout sih, liburaaaan~ hahha
Tapi ya cuacanya hujan lah trus juga ada gempa lah, serem jadinya. Ya tapi aku tetep pergi kerumah temenku, jadi niatku gini, oke kalaupun misal hangout nya gak jadi atau dibatalin karna cuaca, paling nggak disaat-saat serem ada gempa kaya gini kita ngumpul lah, rame-rame gitu dirumah temenku, jadi gak se-suram suasana kesendirian di kost dengan cuaca buruk dan gempa ._. jadi kalaupun gempa, kita panik rame-rame dan kalau ketimbun karena gempa pun kita rame-rame x_x *amiit amiiit* hahha.

Temen-temenku waktu ngumpul aku tanyain, ya jawabnya pada ngerasain semua. Ya ada sih yang gak ngerasain juga kaya aku, dia tinggalnya di Kaliurang, di dekat UII, tapi ceritanya ya sama kaya aku, temen-temen kostnya pada ngerasain gempa, dia aja yang nggak -_- ya paling nggak ada temenlah aku nya. hahha
Terus temen-temenku yang lain yang ngerasain, beuuh, respon mereka tu lho, kaya orang ketakutan gitu, panik! Ada yang kaget karena getarannya bikin jendela rumahnya yg gak kekunci jadi getar-getar gitu, ada yang gambar pajangan di dinding kamarnya goyang. Ada yang saking herannya dan bingung getaran itu apa jadi cuman diam kebingungan campur ketakutan = melongo hahahah ada juga yang ikutan panik dan lari keluar rumah bareng tetangganya dengan panik dan teriak-teriak histeris. Dan kebanyakan dari mereka semua adalah yang belum pernah ngerasain yang namanya gempa atau yang baru pertama kali ngerasain yang namanya gempa. Intinya mereka panik! Sangat panik untuk gempa pertama mereka.

Aku hanya bisa nyampein apa yang dirasakan sama temen-temenku lewat ceritanya. Karena mereka yang ngerasain gempanya, sedangkan aku nggak. Kalau ditanya perasaanku kaya gimana, bisa dibilang aku udah masuk di tahan panik tingkat awal. Dengar semua cerita temen-temenku apa yang mereka rasain bikin aku cukup mulai panik dan berpikir, "gimana kalau seandainya waktu itu aku yang ngerasain?", wah pasti kaget-kaget-panik tuh. Apalagi yang waktu lagi mandi, itu kalau aku ngerasain gempanya tuh gimana tuh jadinya, jangan-jangan keluar kamar mandi gak pake handuk lagi saking paniknya x_x *jangan*

Menurut info yang aku cari dan yang aku dapatkan, gempa hari itu.
Pertama,
#Gempa Mag: 6,4 SR Jawa Tengah
80km tenggara Cilacap
kedalaman 63km
25 Jan 2014 Pkl.12.14 WIB

Source : @InfoGempaa

Kemudian dilanjutkan dengan gempa-gempa susulan yang biasanya Magnitude nya menurun (lebih kecil), dan tercatat sebanyak 6 kali gempa susulan pasca gempa di tenggara Cilacap hingga Pukul.13.58 WIB.

Setelah itu malam hari terjadi gempa lagi,
#Gempa Mag: 4,7 SR Jawa Tengah
72km tenggara Cilacap
kedalaman 74km
25 Jan 2014 Pkl.23.58 WIB

Source : @InfoGempaa

Alhamdulillah gempa yang ada tidak berpotensi Tsunami. Gempa dikatakan berpotensi Tsunami biasanya jika magnitude diatas 6.5 dengan kedalaman dibawah 20km.

Kalau dilihat lagi, negeri kita akhir-akhir ini banya banget ngalamin kejadian alam kaya gini, yang sekarang lagi hot-hot nya tuh bencana banjir, banjir dimana-mana. Jakarta tentunya, yang selalu jadi pelanggan sejati. Terus juga kemarin dapat kabar dari temen katanya semarang sama daerah mau ke Jepara tuh banjir juga, sempat sampe seperut orang dewasa loh, parah kan? Gak hanya masyarakat yang susah memiliki tempat tinggal, tapi juga transportasi dan lalu lintas yang terganggu, kesulitan bertransaksi dan menghambat bantuan yang akan diberikan dalam membantu daerah yang terkena banjir, membuat keadaan semakin memburuk.

Kita sebagai umat manusia yang menempati dunia ini, dunia yang diciptakan oleh Tuhan kita Allah SWT, dengan kejadian-kejadian seperti ini, harusnya bisa menjadikan hal-hal tersebut sebagai sesuatu yang membuat kita untuk lebih dekat dan ingat serta takwa kepada Allah SWT yang maha melihat dan mendengar apa yang telah kita perbuat baik sesama manusia dan alam. Anggap lah kejadian ini sebagai bentuk teguran dari Allah SWT kepada kita para manusia. Untuk ingat bahwa dunia tidak selalu diatas, dan pasti akan mendapat cobaan, serta mengajarkan kita bagaimana kita melaluinya dengan sabar dan tawakkal. Bahwa segala kehidupan yang bersumber dari Allah SWT kelak akan kembali lagi pada-Nya.

Dan selain pandangan dari sudut religi, kita juga harus lebih menyadari apa yang ada dan apa yang telah kita perbuat pada alam kita. Sudahkan kita memperlakukan mereka dengan baik setelah melihat adanya bencana seperti banjir ini? Nah beberapa bencana alam seperti ini seharusnya sudah bisa membuat kita untuk sadar untuk merawat lingkungan kita, agar terhindar dari hal-hal yang lebih buruk yang memungkinkan untuk terjadi. Semuanya dimulai dari diri kita sendiri, berbuat lebih baik untuk masa depan yang lebih baik. :D

Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk negeri kita dan kehidupan di dunia, semoga diredakan semua bencana yang ada, banjir, gempa, lumpur, longsor, dan berjuanglah melewati cobaan yang ada dengan sebaik-baiknya. :)

#Indonesia

0 comments:

Post a Comment